Rabu, 17 September 2014

Pertemuan 1 PKKM 2014

PERTEMUAN 1 PKKM 2014
Jum’at, 12 September 2014

Kali ini, saya akan berbagi pengalaman saat mengikuti pertemuan pertama PKKM (Pendidikan Keprofesian dan Kehimpunanan Meteorologi) 2014. Pada hari itu, kami (mahasiswa Meteorologi 2013) dijarkom melalui SMS untuk berkumpul di Oktagon pukul 18.45. Setelah beberapa orang panitia PKKM sampai di Oktagon, kami diberi instruksi untuk membentuk 2 banjar. Kami dimobilisasi menuju selasar lantai 2 (mungkin nama lainnya “skywalk”) antara Labtek V dan Labtek VI. Di sana, kami bertemu dengan kakak-kakak taplok (mentor).

Sebelum acara inti dimulai, kami dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok mempunyai 2 taplok. Kemudian, kami melakukan Shalat Isya’ bersama kakak-kakak taplok di tempat tersebut. Setelah shalat berjamaah, beberapa anak yang mempunyai riwayat penyakit tertentu dipanggil untuk diberi pita penanda yang harus dipasang selama kegiatan PKKM berlangsung. Kegiatan selanjutnya adalah latihan PBB (peraturan baris berbaris). Selama latihan PBB, kami belajar untuk sigap, peka, dan disiplin.

Begitu latihan selesai, kami dimobilisasi menuju ke area double helix di sekitar Labtek Biru. Ternyata, di sana kami disambut oleh massa HMME (Himpunan Mahasiswa Meteorologi) dan dilakukan pembukaan kegiatan PKKM secara resmi. Saat pertama kali tiba, kami disuruh membentuk membentuk 4 saf. Di sana, kami diberi orasi oleh danlap (komandan lapangan) sebanyak 2 kali. Antara orasi pertama dan orasi kedua terdapat jeda. Selama jeda tersebut, kami disuruh untuk menutup mata dan telinga serta menundukkan kepala.

Dalam orasi pertama, disampaikan bahwa kami sudah dianggap dewasa. Kami merupakan laskar-laskar yang akan terus berjuang. Kami mendapat julukan kopral (bagi laki-laki) dan kopril (bagi perempuan), sedangkan seluruh massa HMME mendapat sebutan jenderal (bagi laki-laki) dan jenderil (bagi perempuan). Pada orasi kedua, danlap menyatakan bahwa kami harus siap untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan PKKM dengan sebaik-baiknya. Kami juga harus siap dengan segala konsekuensi yang menyertainya.

Setelah orasi kedua selesai, kami dibentuk menjadi 2 banjar lalu dimobilisasi ke tempat sebelumnya (selasar lantai 2 antara Labtek V dan Labtek VI). Di tempat itu, kami diberi materi dan tugas oleh 3 orang pemateri. Sebagai bahasan awal, para pemateri menyinggung tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Materi difokuskan pada poin ketiga, yaitu pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan Prodi Meteorologi. Di bawah ini merupakan ringkasan materi yang diberikan:

Terdapat beberapa macam bencana meteorologi yang terjadi di Indonesia, antara lain banjir, kekeringan, puting beliung, dll. Namun, bencana meteorologi yang akan dibahas lebih lanjut di sini adalah banjir. Di Bandung, banjir sering terjadi di Bandung Selatan (terutama wilayah Bale Endah dan sekitarnya). Daerah ini sering mengalami banjir karena letaknya berada di area terendah di wilayah Bandung. Wilayah Bandung dapat diibaratkan sebagai sebuah mangkuk karena merupakan wilayah cekungan. Dengan asumsi tersebut, bisa dikatakan bahwa daerah Bandung Selatan merupakan bagian dasar dari “mangkuk” tersebut. Saat terjadi hujan, seluruh air hujan yang jatuh di wilayah Bandung bergerak turun ke arah Bandung Selatan. Padahal, tanah di daerah Bandung Selatan sering ditemukan dalam kondisi jenuh air tanah. Dengan demikian, daerah Bandung Selatan sering mengalami banjir (terutama saat musim hujan).

Dari materi di atas, kami diberi tugas per kelompok untuk melakukan studi kasus tentang banjir di wilayah selain Bandung Selatan. Wilayah yang dijadikan sebagai objek studi kasus banjir harus berbeda antara satu kelompok dengan yang lainnya. Dalam melakukan studi kasus, setiap kelompok wajib mencari penyebab banjir di wilayah tersebut, memberi solusi, dan membuat diagram alir mengenai penyelesaian kasus tersebut. Semua itu direkap dalam 3 slide presentasi Powerpoint. Pada slide Powerpoint perlu dicantumkan kutipan atau referensi yang dipakai. Deadline tugas ini adalah keesokan harinya (pukul 07.00 pagi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar