Kamis, 18 September 2014

Mobil Keren (1) - BMW i8

BMW i8 adalah sebuah sports car yang ramah lingkungan. Ia bisa melaju kencang layaknya sports car pada umumnya, tapi ia sangat irit BBM. Bahkan, keiritan BBMnya mengalahkan mobil-mobil yang telah beredar di Indonesia saat ini.


Kok bisa sih? Yaa, bisa dong.

Rahasianya terletak pada mesinnya yang merupakan gabungan antara mesin bensin dan motor listrik. Mesin bensin yang digunakan berkapasitas 1.500 cc.


Hah, seriusan? Berarti sama kayak Honda Jazz dong mesinnya?

Mesin bensin BMW i8 ini kecil-kecil cabe rawit. Meskipun hanya berkapasitas 1.500 cc, mesin ini dilengkapi dengan turbo. Dengan demikian, mesin ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 228 dk (daya kuda) dan torsi 320 Nm (Newton meter). Ditambah lagi, terdapat motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 129 dk dan torsi 250 Nm. Jika mesin bensin dan motor listrik bekerja bersamaan, maka potensi tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 357 dk dan torsi 570 Nm. Tak heran jika BMW i8 hanya butuh waktu 4,4 detik untuk melaju dari 0 - 100 km/jam.

Keiiritan BMW i8 dapat mencapai 32 km/liter. Mobil-mobil irit BBM di Indonesia rata-rata "hanya" mencapai di kisaran 20 km/liter.


Udah ngebut, irit, keren lagi desainnya. Tapi, berapa ya harganya?

Kalau kamu memiliki hobi otomotif, seharusnya kamu tahu bahwa yang namanya mobil bermerek BMW pasti harganya mahal. Mobil ini pun bukan pengecualian. Di USA, harga BMW i8 mencapai US$ 135,925 atau sekitar 1,56 milyar rupiah. Kalau mobil ini dijual di Indonesia, mungkin harganya akan melonjak antara 2 sampai 3 kali lebih mahal daripada harga di USA.

Di bawah ini ada launch film atau video official BMW i8. Kalau mau, silahkan ditonton.


Dikutip dari:
- dapurpacu.com
- en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar