Kamis, 13 November 2014

Pertemuan PKKM (1 November 2014)

Sebelum mengikuti pertemuan PKKM ini, kami (Pradawihaya) mengikuti UTS Mavek (Matriks dan Ruang Vektor) yang dilaksanakan dari pukul 11.00 - 13.00. Selesai mengerjakan UTS, terdapat ishoma terlebih dahulu. Barulah pada pukul 14.00 kami melakukan mobilisasi ke selasar gedung PLN. Mungkin beberapa di antara kami mengira bahwa selepas bertemu taplok di selasar gedung PLN, kami akan dimobilisasi ke arah selasar double helix untuk bertemu massa HMME dan diagitasi seperti biasanya. Ternyata perkiraan itu salah. Di selasar gedung PLN, kami diberi penjelasan dan arahan untuk menyelesaikan 4 games dalam waktu 1 jam. Keempat games tersebut berada di 4 pos yang berada di bagian utara, timur, selatan, dan barat kampus ITB. Peraturan yang diberikan oleh panitia kepada kami cukup sederhana, yaitu selesaikan keempat games tersebut dengan cara apapun dan setiap pos harus dihadiri oleh minimal 10 orang.

Setelah diberikan penjelasan, kami sepakat untuk terbagi menjadi 3 kelompok dan mencari 3 dari 4 pos yang telah ada. Kelompok saya sepakat untuk mencari pos di bagian barat kampus. Kami pun berhasil menemukan pos di bagian barat kampus tanpa kesulitan yang berarti. Pos itu lebih tepatnya berada di area bunker radar. Di pos itu, kami bertemu dengan beberapa jenderal dan jenderil. Games yang harus kami tuntaskan di pos ini adalah membuat lambang HMME dengan bahan-bahan alami. Kami pun menyebar secara sporadis untuk mencari bahan-bahan alami (bunga, daun, ranting, dll). Awalnya kami membuat lambang yang berukuran cukup besar, Namun, lambang tersebut tidak selesai dibuat karena kurangnya bahan baku yang bersifat alami. Kemudian, kami pun membentuk kembali lambang HMME dengan ukuran yang lebih kecil dan berhasil. Esensi dari games ini adalah melatih kekompakkan, kerja sama, dan kreativitas. 

Salah satu teman di kelompok saya yang bernama Diana berkomunikasi dengan teman-teman kelompok lain. Ternyata, kelompok lain belum dapat menyelesaikan games yang ada di pos timur dan pos selatan. Dengan demikian, kami memutuskan untuk bergerak ke arah pos di bagian utara kampus. Lokasi pos di utara lebih mudah ditemukan daripada pos sebelumnya. Games yang ada di sana adalah lompat tali. Bukan sembarang lompat tali, melainkan lompat tali untuk 10 orang secara bersamaan sebanyak 8 kali non-stop. Dengan beberapa kali trial and error, akhirnya kami berhasil menyelesaikan games ini dengan cara yang menurut kami kreatif. Esensi dari games ini sebenarnya mirip dengan games sebelumnya.

Dua kelompok lain ternyata sudah menyelesaikan games di pos mereka masing-masing. Dengan demikian, keempat games yang ada berhasil diselesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Sesuai petunjuk, kami melakukan mobilisasi ke arah lapangan basket. Di lapangan basket, ketiga kelompok berkumpul dan utuh kembali. Di sana, kami diberikan materi tentang Mars HMME. Sambil mengulang Mars HMME beberapa kali, kami juga mencoba menghafalkan mars ini. Lirik dari Mars HMME tertera di bawah ini:


8 penjuru itu landasan kami
Kami bergerak satu
Hadapi semua
1..2..8 Atmosphaira! Die luft! Die luft!

Pakai biru putihmu
Kobarkan semangatmu
Kuasai udara
Kita satu keluarga
1..2..8 di udara, bersama! berjaya! merdeka!

Ini himpunan kita
Merajai angkasa
1..2..8 Atmosphaira
Atmosphaira . . . Die luft! Die luft! Die luft!


Selesai pemberian materi Mars HMME, kami melakukan mobilisasi secara sporadis ke arah selasar double helix. Di sana, kami diagitasi seperti biasanya. Masalah klasik seperti lambatnya membentuk formasi dalam PBB (Peraturan Baris Berbaris) masih menjadi bahan kritikan untuk kami. Lalu, kami dievaluasi mengenai materi Mars HMME yang baru saja diberikan. Masih banyak dari kami yang belum hafal Mars HMME. Danlap berpesan kepada kami untuk menghafalkan Mars HMME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar