Sabtu, 29 November 2014

Menu Sarapan yang Sehat, Hemat, dan Anti-Ribet

Sebagai anak kostan, saya cukup tahu mengenai kebiasaan sarapan di kalangan mahasiswa yang kebanyakan merupakan anak kostan. Banyak anak kostan yang rela menunda sarapannya atau bahkan tidak sarapan demi mengikuti kuliah pagi. Padahal, sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas harian. Dengan melakukan sarapan, kita bisa mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas harian. Kebiasaan menunda atau tidak sarapan dapat menurunkan performa kita selama beraktivitas, contohnya adalah mengurangi konsentrasi saat mengikuti kuliah pagi.

Ada-ada saja alasan yang digunakan oleh anak kostan untuk menunda atau tidak sarapan, antara lain: (1) Nggak sempat, (2) Mager (males gerak), dan (3) Biar hemat uang. Atas dasar itulah saya akan memberikan beberapa menu sarapan yang sehat, hemat, dan anti-ribet. Menu sarapan yang hemat dapat menjawab alasan "biar hemat uang", sedangkan menu sarapan yang anti-ribet dapat menampik alasan "mager" dan "nggak sempat".

1.  Menu sarapan yang hemat (< Rp 6.000,00), sehat (mie instan), dan nggak ribet
     Kombinasikan antara minuman sereal/susu dengan roti. Roti yang dipilih pun bisa bermacam-macam, antara lain roti tawar (biasa, kupas, gandum, cokelat), roti baguette (tawar, manis), dan roti bantal (manis). Kalau kamu memilih roti tawar, kamu bisa menambahkan selai sebagai opsional.
     Contoh kombinasi:
     (1) Segelas minuman sereal + 2 lembar roti tawar (dengan atau tanpa selai)

     (2) Segelas susu hangat + 1/5 panjang roti baguette manis

2. Menu sarapan dengan nasi yang hemat, praktis (dan pasti kenyang)
    Nggak semua anak kostan suka sarapan dengan roti. Dengan begitu, menu sarapan dengan nasi menjadi pilihan. Kalau di kostanmu ada rice cooker/magic com, kompor, dan penggorengan, kamu bisa memasak sendiri untuk sarapanmu (asal kamu nggak mager aja sih, hehe). Kamu hanya perlu memasak nasi menggunakan rice cooker/magic com dan memasak lauk yang praktis.
    Contoh lauk yang hemat dan nggak ribet bikinnya:
    (1) Telur ceplok / telur mata sapi

    (2) Telur dadar / omelet

    (3) Telur orak arik / scrambled egg

    (4) Tempe goreng

    (5) Tahu goreng

    (6) Sosis goreng

    Kalau kamu tetap nggak berkeinginan buat masak sama sekali (alias mager, hehe), kamu masih bisa beli nasi kuning yang banyak dijual di pagi hari. Harganya bervariasi, yang termurah adalah Rp 5.000,00.

Sampai disini dulu ya artikelnya. Semoga para pembaca sekalian (terutama buat yg ngekost) nggak melupakan sarapan lagi sebelum memulai aktivitas harian ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar