Kamis, 02 Oktober 2014

Me and My Laptop

Aktivitas saya sehari-hari tidak terlepas dari laptop kesayangan saya. Laptop yang saya miliki adalah Asus Eee PC berjenis netbook. Di bawah ini adalah spesifikasi laptop saya:

- Layar  : 10,1 inci
- Warna casing  : Merah
- Prosesor  : Intel Atom N570 1,66 Ghz
- RAM  : 2 GB
- Harddisk  : 320 GB
- Rating (Windows Experience Index)  : 2,9


Dari spesifikasi di atas, mungkin kamu sudah bisa menebak bahwa tidak banyak hal yang bisa dilakukan dengan laptop saya. Memang, hal tersebut saya akui. Game yang lancar dimainkan di laptop saya hanyalah game-game berukuran cukup kecil, seperti Gamehouse dan game-game lain yang selevel. Bahkan, game Need For Speed Underground 1 yang berukuran tidak sampai 1 GB agak "ngelag" dari segi grafiknya saat dimainkan.

Untungnya, saya bukanlah seorang gamer dan saya tidak freak dalam bermain game. Dalam menggunakan laptop, saya lebih concern pada konten-konten multimedia yang berbentuk video dan musik. Di laptop, saya dedikasikan sebuah folder bernama "Videos". Di situ, saya menyimpan berbagai macam video yang sering saya tonton. 



Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, jenis-jenis video yang saya simpan antara lain:
- Video test drive/review mobil
- Video musik (video klip, cover music, konser, dll)
- Video kartun (despicable me, happy tree friends)
- Video teknologi (gadget, dll)
- Video komedi (stand up comedy, dll)
- Video TV show (____ Got Talent, So You Think You Can Dance, dll)
- Video travelling
dan video-video random lainnya.

Dengan banyaknya video yang saya simpan di folder "Videos", tak heran jika ukuran folder "Videos" mencapai 42,7 GB. Eitss,  itu belum termasuk film loh.

Selain menyimpan video-video tersebut, saya juga menyimpan banyak film. Saking banyaknya, film-film tersebut sebagian saya simpan di hardisk laptop, sebagian besarnya saya simpan di hardisk eksternal saya yang bermerek Seagate dan berkapasitas 500 GB (lebih tepatnya 465 GB).

Jumlah total film yang saya miliki:
- Di laptop: 29 + 23 + 18 = 70
- Di hardisk: 91 + 7 + 24 + 19 + 37 + 38 + 44 = 260

Jadi, total saya mempunyai 330 film. Total memori hardisk yang "termakan" untuk menyimpan film sebanyak itu adalah:
24,3 + 14,4 + 13 + 75 + 5,45 + 49,5 + 55,7 = 237,35 GB

Widiihh, banyak juga tuh filmnya. Berasa kayak bandar film aja.

Iya juga sih. Btw (by the way), teman yang tinggal sekost dengan saya bahkan ada yang mengoleksi film di hardisk eksternalnya dengan jumlah yang jauh lebih banyak (mencapai hampir 1000 film).

Nggak cuma film, saya juga menyimpan berbagai macam video di hardisk saya. Video-video tersebut antara lain:
- Video dokumenter (BBC, National Geographic)
- Drama Jepang dan Korea
- Video kartun (Pixar, Larva, Sponge Bob, dll)
- Video komedi (Malam Minggu Miko, The Annoying Orange)
- Trailer film
- Video full concert (Eurovision 2012, Eurovision 2013, Celine Dion "Taking Chances" World Tour)

Sebenarnya, saya lebih suka menonton video berkualitas HD 720p (High Definition) daripada video non HD. Video berkualitas HD benar-benar memanjakan mata saat ditonton, apalagi jika ditambah suara yang mantap. Meskipun demikian, video-video yang saya simpan tidak semuanya berkualitas HD. Ada juga video-video berkualitas full HD 1080p dan 360p yang saya simpan. Saya tidak menyimpan banyak video full HD karena ukurannya yang besar. Lagipula, video full HD dan video HD terlihat hampir sama bagusnya di layar laptop saya yang tergolong kecil.

Nah, partner yang pas untuk menonton video-video tersebut adalah headset yang bersuara mantap. Headset yang saya gunakan hingga saat ini bermerek Sony yang merupakan aksesoris bawaan dari HP milik saya, yaitu Sony Xperia E. Saya menilai bahwa kualitas suara yang dihasilkan dari headset ini benar-benar mantap dan terkadang bikin "ngefly". Saya sering asyik sendiri saat mendengarkan musik atau melihat video klip musik menggunakan headset ini. Bahkan menurut saya, kualitas suara yang dihasilkan headset ini lebih bagus daripada headset Apple yang namanya "Apple EarPods".

Mungkin kamu bertanya-tanya dari mana saya mendapat video sebanyak itu. Selain mengcopy dari teman, saya juga sering mendownload video-video Youtube melalui situs www.ssyoutube.com atau melalui aplikasi Freemake Video Downloader.

Sekian dulu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar